Jenis dan Deskripsi Job Pelaut yang Ada di Kapal

0
373
views
sumber: google.co.id

Ada beberapa jenis job pelaut pantas bidangnya masing-masing. Sama juga dengan orang berprofesi di darat, orang yang berprofesi sebagai pelaut juga memiliki tugas dan tanggung jawab yang perlu dipenuhi.
Berikut beberapa job pelaut di atas kapal yang perlu diketahui
Tugas dan tanggung jawab tidak semuanya sama antara tiap pelaut karena ada banyak aktivitas yang dikerjakan. Jadi tiap pelaut memiliki bidang pekerjaannya masing-masing, untuk lebih jelasnya bacalah penjelasan berikut:

  1. Nahkoda
    Nahkoda atau disebut juga dengan captain ialah seseorang yang pekerjaannya memimpin kapal dan menjadi tingkatan pelaut tertinggi. Captain ini memiliki tanggung jawab langsung terhadap perusahaan atas berbagai aktivitas yang terjadi di dalam kapal. Nahkoda ini juga dituntut untuk mampu mengolah kapal, semestinya mampu berkomunikasi dan berhubungan baik dengan pihak luar. Contohnya dengan agen, port control dan orang perusahaan sendiri. Nahkoda tidak berprofesi sendiri melainkan dibantu oleh 3 asisten dimana asisten ini diketahui dengan nama Mualim.
    • Mualim1
    Mualim juga diketahui dengan sebutan lain ialah chief officer bertugas sebagai kepala dek departemen, menghitung beban dan menetapkan stabilitas kapal, membikin program untuk merawat kapal dan sebagai navigasi saat kapal hal yang demikian berlayar diperlukan.
    • Mualim 2
    Disebut dengan second officer yang tugasnya membikin garis peta dan mempersiapkannya untuk jalannya pelayaran. Juga bertugas mengoreksi peta navigasi serta obat-obatan yang ada di kapal dijaga oleh mualim 2.
    • Mualim 3
    Tugasnya untuk merawat dan menjaga berbagai alat keselamatan sehingga peralatan hal yang demikian siap diterapkan saat diperlukan.
  2. KKM/Chief Engineer
    KKM bertanggung jawab untuk semua mesin yang ada di kapal mulai dari perawatan, pemeliharaan dan juga berkomunikasi secara langsung dengan perusahaan bila ada dilema mengenai mesin kapal. Dalam mengerjakan job deskripsi pelaut, KKM juga dibantu oleh asistennya yang disebut masinis. Ada masinis 1, masinis 2 dan masinis 3.
    Masinis 1 tugasnya bagian perawatan mesin kapal ialah mesin pelopor utama. Menentukan bahwa mesin hal yang demikian dalam kondisi baik sehingga berbagai aktivitas lancar. Walaupun masinis 2 tanggung jawabnya di bagian perawatan mesin pensupport. Contohnya generator kapal sebagai pembangkit listrik utama di kapal.
    Walaupun masinis 3 bertanggung jawab untuk merawat berbagai mesin tambahan yang ada di kapal. Contohnya mesin windlass yang diterapkan untuk merawat tali atau jangkar. Juga merawat pompa-pompa yang ada di kapal. Apabila ada dilema sehingga kapal tidak mau bergerak, karenanya masinis 3 akan mengerjakan tugasnya.
  3. ABK (anak buah kapal)
    Kecil buah kapal terdiri dari bosun yang tugasnya langsung di lapangan untuk merawat kapal, juru mudi atau AB yang tugasnya untuk mengemudi kapal dan berjaga saat dinas, berjaga di anjungan serta aktivitas bongkar muat saat di pelabuhan. AB juga bertugas menolong para bosun saat berprofesi di lapangan. Selanjutnya ada kelasi ataupun asisten bosun yang tugasnya untuk menolong bosun merawat kapal.
    Selanjutnya chief cook, tugas pelaut untuk mengolah dan memasak makanan di atas kapal serta juga memiliki tanggung jawab dalam mengontrol dan menaruh makanan ke daerah penyimpanan makanan. Juga ada steward ialah pelayan untuk menolong koki dalam menyiapkan makanan serta menjaga kebersihan dapur, bertugas dalam akomodasi, smooking room dan ruangan kapal yang lain. Terakhir ada namanya oiler ialah asisten dari masinis.
    Sekian tulisan seputar 3 job pelaut secara awam yang perlu diketahui. Semoga berguna.

Sumber: jobpelaut.com