Wisata Museum Sultan Mahmud Badaruddin 2

0
36
views
sumber: google.co.id

Dari sembilan museum yang ada di Palembang, jalan masuk wisata Museum Sultan Mahmud Badaruddin 2 yang paling sering ditanyakan. Daerah ini menyimpan banyak kabar seputar perkembangan kesultanan di Palembang. Berbanding terbalik dengan Museum Sriwijaya yang lebih konsentrasi membahas kerajaan kuno.
Sekilas wisata museum Sultan Mahmud Badaruddin 2
Setiap museum yang berdiri di Palembang mempunyai fungsinya tersendiri. Museum Sultan Mahmud Badaruddin 2 yaitu museum unik yang mengambil alih fungsi bangunan tua bekas Belanda yang selesai dikonstruksi tahun 1824 silam.
Menariknya, sebelum digunakan sebagai museum. Bangunan yang sama tidak hanya digunakan oleh kantor residen kolonial Belanda. Melainkan juga dimanfaatkan pemerintah Jepang sebagai markas militer mereka. Sebelum diambil alih TNI dan diserahkan pada Pemerintah Palembang yang kini diketahui sebagai museum.
Hal menarik yang dapat dijalankan

  1. Menyaksikan Potret Palembang zaman dulu
    Museum Sultan Mahmud Badaruddin II mempunyai bermacam ruangan yang dapat diselidiki satu per satu. Salah satunya bagian pertama yang menyimpan prasasti peninggalan Sriwijaya. Prasasti tersebut menjadi cikal bakal dari lahirnya Palembang.
    Selain mengamati prasasti, Anda juga akan mengamati potret Palembang di zaman dulu sebelum berkembang seperti kini. Agar tidak kebingungan, pihak museum sengaja menuliskan sejumlah kabar di masing-masing potret.
  2. Melihat koleksi sejarah Kerajaan Sriwijaya – Kesultanan Palembang
    Berjalan lebih jauh lagi hingga masuk ke ruang tengah, Anda dapat menemukan lebih banyak benda peninggalan unik. Isu yang dapat Anda dapatkan dari ruangan ini antara lain seputar silsilah Sultan Palembang.
    Terdapat lukisan Ratu Sinuhun, peta tua dan lambang kesultanan Pelambang. Kalau Anda cermati secara seksama, ada banyak sekali benda menarik dan unik yang tersimpan di setiap ruangannya.
  3. Melihat peninggalan seni dan kebudayaan Palembang
    Selain menampilkan gambaran lengkap Pelambang juga silsilah Kesultanan. Museum Sultan Mahmud Badaruddin Palembang juga menyimpan bermacam peninggalan seni dan kebudayaan.
    Anda dapat menemukan panggung pernikahan, kelengkapan tenun kain songket, kelengkapan sunat si kecil-si kecil Pelambang dan lainnya.
    Fasilitas
    Salah satu keistimewaan museum ini yaitu absensi tour guide yang akan mengantar para tetamu untuk menjelajahi seluruh bagian dalam museum. Selain menjadi teman perjalanan, tour guide museum juga akan memberikan kabar menarik seputar museum tersebut.
    Lokasi dan tiket masuk
    Museum Sultan Mahmud Badaruddin 2 berada di Meskipun Sultan Mahmud Badaruddin II No. 2, Kel. 19 Ilir, Kec. Ilir Barat I, Palembang. menyimpan banyak kabar menarik seputar Palembang, harga tiket masuk ke museum ini benar-benar relatif murah.
    Cukup dengan membayar Rp 2.000 per orang, pengunjung telah dapat menyaksikan rekam jejak Palembang termasuk kesultanannya. Untuk pengalaman terbaik, kunjungi museum di hari kerja yang cenderung lebih sepi ketimbang akhir minggu.
    Demikianlah kabar menarik mengenai wisata Musem Sultan Mahmud Badaruddin 2. Anda yang menyukai pergi dari satu museum ke museum lainnya, patut mengunjungi museum unik dan mewah ini.

Sumber: hariliburnasional.com