Jenis Kompresor AC Chiller dan Macam-macam Kondensornya

0
101
views
sumber: google.co.id

Kompresor AC chiller yaitu bagian unik yang menyusun mesin pendingin atau chiller. Seandainya kita menerjemahkannya secara simpel, kompresor yaitu mesin yang sengaja diwujudkan guna menambah fluida gas ataupun tekanan udara.
Ragam kompresor AC Chiller menurut konstruksinya

  1. Kompresor Terbuka
    Yaitu kompresor yang banyak diterapkan pada mesin pendingin kapasitas besar demi memenuhi keperluan industri. Salah satu keunikan dari kompresor ini yaitu satu poros yang sengaja diperbolehkan keluar untuk mendapat putaran dari cara pelopornya.
  2. Kompresor Tertutup
    Berbanding terbalik dengan kompresor terbuka, cara AC chiller ini banyak diterapkan untuk memenuhi keperluan pendingin di zona lebih kecil. Kompresor tertutup dibagi dalam dua ragam mencakup:
    • Kompresor semi hermetic tak memerlukan penyekat poros. Keadaan ini justru sungguh-sungguh menguntungkan sebab kompresor susah sekali mengalami kebocoran.
    • Kompresor hermetic yang bergerak dengan bagus sebab bantuan motor listrik. Salah satu kompresor hermetic terpopuler yaitu kompresor hermetic torak.
    Itulah dua penjelasan simpel mengenai kompresor pada mesin pendingin atau chiller. Dari kedua ragam kompresor di atas, mana ragam kompresor yang terpasang pada chiller Anda?
    Mengetahui tipe-tipe kondensor
    Jasa pemasangan chiller memasang kompresor menyesuaikan kapasitas pendinginnya. Mustahil mereka memasang kompresor terbuka pada mesin pendingin kapasitas kecil bukan?
    Kecuali kompresor, ada juga bagian chiller yang fungsinya sungguh-sungguh penting ialah kondensor. Dan sama seperti kompresor, bagian chiller ini juga terbagi dalam sebagian ragam mencakup:
  3. Kondensor Pendingin Udara
    Yaitu kondensor yang diwujudkan dari pelat almunium atau tembaga. Pada kondensor ini, udara akan dilarikan tegak lurus mencontoh wujud mesin pendinginnya.
  4. Kondensor Tabung dan Koil
    Berikutnya yaitu kondensor tabung dank oil yang sengaja diterapkan secara vertikal. Kondensor ini memungkinkan air mengalir dengan lancar pada koil. Salah satu kelemahan kondensor ini yaitu penumpukan kotoran dikala chiller tak dibersihkan teratur.
    Bila secara kebetulan chiller Anda menerapkan ragam kondensor ini. Karenanya lakukan pengerjaan pembersihan secara teratur untuk menghindari penyusunan kerak mengganggu.
  5. Kondensor Tabung dan Pipa Horizontal
    Yaitu kondensor yang mempunyai banyak sekali pipa pendingin. Nantinya pipa pendingin hal yang demikian menjadi media penyaluran air dari mesin pendingin. Tahukah Anda bila komponen pangkal ataupun ujung pipanya sengaja diikat pada pelat?
    Dan di jeda-jeda pipa hal yang demikian juga sengaja diinstal sekat. Sehingga air dapat mengalir dengan bagus dan lancar melewati seluruh rangkaian pipa hal yang demikian.
    Mengenal kompresor dan kondensor cuma satu dari sekian banyak aktivitas menarik dikala mempelajari chiller. Sebab kecuali kedua bagian hal yang demikian, chiller masih mempunyai banyak sekali bagian penting.
    Agar kompresor dan kondensor konsisten berada dalam keadaan prima, tak bermasalah atau rusak. Pastikan lakukan pemeliharaan yang pas. Pakai teknik atau langkah-langkah pemeliharaan simpel. Atau manfaatkan daya kerja profesional.
    Jasa profesional mempunyai pengalaman lebih banyak dari Anda. Entah mengenai kompresor AC chiller ataupun kondensornya.

Sumber: acwahana.com