Jenis Insulasi dan Panel Pada Sandwich Panel

0
121
views
sumber: google.co.id

Sandwich panel sebagai dinding bangunan kurang familier di kalangan masyarakat, terdapat perbedaan dengan dinding beton atau bata. Alih-alih dimanfaatkan untuk membangun rumah, aplikasi material ini paling tak jarang dijalankan pada perkantoran atau gedung prefabrikasi lainya. Sebab dianggap lebih menguntungkan dan hemat.
Apa itu sandwich panel?
Adalah sebuah panel yang mempunyai tiga buah lapisan dengan tekstur kepadatan yang berbeda-beda. Lapisan tengah diwujudkan lebih padat dan tebal sementara dua lapisan pengapitnya (lapisan kulit) diwujudkan lebih kokoh dan kuat.
Lapisan pengapit material ini diwujudkan dari galvanis atau zincalume yang sengaja dirapatkan sampai merekat dengan bagus pada masing-masing lapisan insulasi.
Apa saja tipe insulasi pada panel ini? Simak selengkapnya berikut:
• EPS
Umum juga disebut sebagai Expanded Polystyrene. Insulasi ini bebannya ringan dan anti panas. Ukuran ketebalan insulasi yang ditawarkan di pasaran sungguh-sungguh berjenis-jenis mulai dari ukuran 40 sampai 200 milimeter.
• PU
Orang mengenalnya sebagai Polyurethane. Insulasi ini sungguh-sungguh hemat daya dan memiliki thermal konduktivitas ringan. Ukuran ketebalan insulasi tipe PU yang disediakan di pasaran mulai dari size 50 sampai 150 milimeter.
• Glasswool Panel
Keunggulan insulasi ini tak gampang terbakar sebab karakternya yang cakap membendung api dengan bagus. Kalau terbakar, Glasswool Panel tak menyebabkan udara berbisa. Ketebalan paling kecil 50 milimeter dan optimal kepadatannya 125 milimeter.
Macam sandwich panel
Bangunan prefabrikasi mengaplikasikan panel ini untuk menghasilkan struktur bangunan yang fungsional dan kuat. Berikut ini dua tipe panel yang tak jarang diterapkan:

  1. Panel Dinding
    Membikin dinding suatu bangunan prefabrikasi memerlukan material yang ideal supaya memenuhi perencanaan dan keperluan struktural bangunan. Dari sekian banyak panel yang sesuai, Anda dapat mengaplikasikan variasi Thermastyle Pro yang mengutamakan aplikasi EPS Sandwich pada strukturalnya.
    Lebar dan ketebalan panelnya sepatutnya disesuaikan dengan keperluan bangunan. Sebab untuk dinding, ketebalan panel minimal 50 milimeter sementara lebarnya menempuh 950 milimeter. Salah satu kelebihan sandwich panel dapat dikonstruksi dengan kencang dan cakap meredam bunyi ataupun panas.
  2. Panel Atap
    Tak keok penting dari konstruksi dinding, pembuatan atap bangunan juga sepatutnya direncanakan semenjak permulaan. Sekiranya Anda berencana mengaplikasikan panel ini, pilih variasi ThermaDeck Pro cara EPS dengan ketebalan minimal 50 mm dan optimal 100 mm. Sementara lebarnya menempuh 1.050 mm.
    Konstruksi material ini berbeda dengan pembangunan dinding beton atau atap dari baja. Pelaksanaannya sepatutnya dijalankan oleh kekuatan profesional yang memahami sistem kerja panel sandwich. Sekiranya panel tak dipasang pada tempatnya, fungsi bangunan tak akan terlaksana sebagaimana agenda semula. Dinding panel tak lagi dapat dipercaya untuk menghalau panas atau meredam bunyi.
    Itulah hal menarik perihal sandwich panel yang baru-baru ini ini makin tak jarang dipersembahkan oleh jasa konstruksi terutama pembuatan gedung prefabrikasi. Memandang pelbagai keunggulannya, panel ini diyakini akan kian populer di masa depan.

Sumber: sanwaprefab.co.id