Ingin Mengajukan Lowongan ABK? Jangan Lupa Persiapkan 5 Hal Ini

0
257
views
sumber: google.co.id

Sampai dikala ini lowongan ABK kapal masih diperlukan, menjadi pelaut memang bukan pekerjaan yang gampang tetapi tak menyurutkan banyak orang meraih mimpi di bidang pelaut.
Jangan Lupa Persiapkan 5 Hal Ini Sebelum Mengajukan Lowongan ABK?
Tak seluruh orang bsia menjadi pelaut tentunya sebab tak seluruh orang kapabel mengerjakannya. Tugas menjadi ABK tergolong berat bagi mereka yang tak kapabel berlama-lama dalam masa pelayaran. Sehingga bagi yang mau menjadi ABK, perlu mempersiapkan 5 hal berikut.

  1. Kesehatan prima
    Kesehatan prima menjadi prasyarat yang amat penting bagi yang mau berprofesi di bidang pelayaran dan melamar lowongan kerja ABK karena pelaut banyak melaksanakan beragam kesibukan lahiriah. Sehingga bagi yang mau jadi pelaut, perlu menjaga kesehatan dan pola hidup yang sehat. Tak cuma itu saja, pun makanan atau minuman yang memberikan akibat buruk bagi kesehatan patut dihindari semisal rokok, narkoba atau alkohol.
  2. Kuat mental
    Kecuali kesehatan lahiriah juga diperlukan mental yang sehat, kuat dan tangguh bagi yang mau memilih pekerjaan sebagai pelaut. Karena berprofesi di bidang pelayaran akan banyak hal yang ditinggalkan seperti orang tua, keluarga, kekasih, pasangan sampai orang terdekat lainnya dalam waktu yang tak singkat alias waktu yang lama. Bagi yang mempunyai mental tak kuat, tentunya tak kapabel menjalani hari-hari yang jauh dari keluarga sehingga supaya tak merasa tersiksa dengan profesi amat dibutuhkan calon pelaut yang memiliki mental tangguh.
  3. Siapkan dokumen
    Sama dengan profesi lainnya untuk bisa berprofesi di bidang hal yang demikian, diperlukan beragam dokumen supaya lulus lowker ABK. Sebagai prasyarat dan hal yang patut dimiliki oleh pelaut. Diantaranya ada surat keterangan dari pihak kepolisian, akta dan dokumen pelatihan sampai diperlukan juga paspor terutama pelat yang akan berprofesi di luar negeri. Semua dokumen yang disyaratkan patut dilengkapi supaya diterima menjadi pelaut.
  4. Skill yang mumpuni dan dapat berprofesi dalam regu
    Pekerjaan pelaut yakni pekerjaan yang mewajibkan untuk berinteraksi antar pelaut, jadi bukan pekerjaan solo yang dapat berprofesi sendiri. Inilah yang melatarbelakangi diperlukan kecakapan berprofesi dalam regu sekiranya mau menjadi pelaut. Karenanya sebelum melamar profesi, pastikan dahulu bahwa diri sendiri mempunyai kecakapan berprofesi dalam klasifikasi, kapabel berkomunikasi dan dapat mendapatkan anjuran bagus dari atasan maupun dari rekan kerja. Bila memang turunan karakternya tak menyukai dipegang atau lebih cenderung memberontak, karenanya lowongan kerja jadi ABK bukanlah opsi yang pas.
  5. Menyukai belajar hal baru
    Pekerjaan pelaut juga membutuhkan progres belajar bukan stop belajar sehingga bagi yang mau menjadi pelaut patut dapat terbuka dengan beragam hal baru. Untuk menjadi pelaut handal patut berharap belajar karena ada banyak yang perlu dipelajari mulai dari istilah sampai teknisnya. Seperti juga akan berprofesi sama dengan orang baru, lingkungan baru pun dengan orang dari negara luar sehingga kecakapan menyesuaikan diri yang baik patut dimiliki.
    Demikianlah 5 hal yang perlu dimiliki sebelum melamar lowongan ABK. Tentu saja sebelum menjalani pekerjaan ini ada banyak hal yang perlu dipersiapkan.

Sumber: jobpelaut.com