Daftar Cargo Manifest Kapal Untuk Muatan Barang

0
160
views
sumber: google.co.id

Cargo manifest kapal merupakan daftar kargo yang berisikan isu mengenai daftar bobot yang dibawa oleh sebuah kapal. Wujudnya berupa dokumen penting yang sepatutnya dibawa ketika kapal tengah berlayar. Hal ini dipakai untuk menghindari adanya penyelundupan barang yang tak mempunyai izin.

Daftar cargo manifest kapal untuk bobot barang

1.            Said to Contain

Dokumen ini berisikan data yang berisikan barang apa saja yang dimasukkan pada kontainer kapal. Pihak pelayaran cukup mengangkut barang tanpa mengenal apa yang diangkut. Yang bertugas dalam hal ini tentu saja regu yang lainnya. Dalam dokumen ini juga berisikan tata tertib yang sepatutnya dikenal oleh penggunanya.

Tata yang pertama merupakan pihak pelayaran tak mempunyai kewenangan untuk mengenal kuantitas, kwalitas, ukuran, poin barang dan juga isinya. Sehingga privasi barang yang dikirimkan konsisten terjaga. Susunan barang dalam kontainer sepatutnya dalam keadaan yang aman dan bagus sehingga terjaga hingga pelaksanaan pengirimannya.

2.            Bill of Lading

Dokumen kapal selanjutnya yang juga penting merupakan Bill of Lading. Dokumen yang satu ini mempunyai sebagian fungsi sebagai berikut:

•             Sebagai bukti adanya kontrak untuk pengangkutan barang

•             Sebagai wujud dokumen kepemilikan kepada pengangkutan barang

•             Sebagai wujud pertanda terima barang

Pada dokumen ini berisikan data-data penting berkaitan isu mengenai barang yang diangkut. Dalam hal ini isu yang ada pada dokumennya sepatutnya sama dengan nama barang yang diangkut tak boleh dipalsukan.

3.            Wight

Dokumen selanjutnya merupakan weight yang memberitahukan ukuran dari barang yang diangkut. Isu ini tentunya cukup penting untuk memperkirakan berapa banyak barang yang dapat diangkut di dalam kontainer kapalnya. Berat ini juga sepatutnya real dan tak boleh asal dituliskan.

4.            Deskripsi Bobot

Sebagai pelamar lowker pelaut tentunya juga sepatutnya mengenal mengenai deskripsi bobot. Deskripsi ini bermanfaat untuk membeberkan maksud dari isi bobotnya dengan kode ataupun nama tertentu. Daftar bobot ini cukup panjang dapat lebih dari satu halaman untuk memberikan isu yang komplit.

5.            Shipper, Consignee

Kedua dokumen ini dimiliki oleh oleh pengirim dan penerima barang dengan label layak dengan keharusan dan juga haknya. Dokumen ini juga adalah komponen yang penting untuk keselamatan barang pada ketika pengiriman hingga pada ketika barang hal yang demikian diterima oleh pemiliknya.

6.            Port of Loading, Port of Discharge

Port loading merupakan daerah dimana barang hal yang demikian diangkut sebagai isu penting dalam hal pemuatan barang ini. Sementara untuk port discharger merupakan daerah dimana barang hal yang demikian sudah tersampaikan atau diwariskan untuk kemudian dikirimkan pada penerimanya. Kedua isu ini tentunya memerlukan pendataan yang jitu untuk mengantisipasi adanya kerusakan barang atau barang yang sirna selama pelaksanaan pengiriman.

Itulah sebagian hal penting yang terkait dengan cargo manifest kapal yang betul-betul penting dikenal seandainya Anda berprofesi di komponen bobot kapal.

Sumber: jobpelaut.com