10 Tugas SSO yang Bekerja di Bidang Kapal atau Pelayaran

0
91
views
sumber: google.co.id

Pelaut juga mesti mengetahui tugas SSO dalam pelayaran. SSO sendiri yakni petugas yang memiliki wewenang untuk mempertimbangkan keselamatan sebuah kapal dalam pelayarannya. Bagian ini amat penting terutama untuk mengantisipasi terjadinya petaka atau kecelakaan yang tak diinginkan. Jadi, bagi Anda para pelaut yang bekerja sebagai SSO, mesti mengetahui apa saja tugas dan wewenangnya di bawah ini.
Apa saja tugas SSO sebagai pelaut di kapal?

  1. Penghentian kapal
    SSO mengendalikan wewenang yang cukup krusial salah satunya yakni melaksanakan penghentian kapal saat dirasa pergerakannya bisa membahayakan keselamatan awak kapal. SSO memiliki hak menghentikan kapan saja kapal yang sedang berlayar saat terjadi simbol bahaya yang krusial.
  2. Mempertimbangkan Kelengkapan Kelengkapan
    Tugas pelaut selanjutnya yakni mengetahui peralatan peralatan pada kapal. Dalam hal ini peralatan yang dimaksud termasuk juga kode ISM dan juga pemeliharaan dan kalibrasi cocok dengan kebutuhannya.
  3. Arsip
    SSO bertugas untuk mencatat seluruh kejadian kecelakaan yang terjadi pada kapal yang menjadi tanggung jawabnya. Kecelakaan yang mesti diarsipkan mesti semuanya meliputi yang besar dan juga yang kecil sekalipun.
  4. Pemimpin penyidikan
    Dikala kapal mengalami sebuah kecelakaan maka yang memimpin dan melaksanakan penyidikan yakni SSO ini. Bukan hanya itu saja untuk melaksanakan pelaporan terhadap kecelakaan yang terjadi juga yakni tugas SSO sebagai pertanggungjawabannya. Laporan yang ditulis berkhasiat untuk bahan evaluasi selanjutnya.
  5. Catatan nakhoda
    Kemudian tugas selanjutnya yakni mencatat seluruh hal yang terkait dengan simbol bahaya yang kemudian dikenalkan pada kapten kapal lalu disalurkan terhadap nakhoda. Hal ini cukup penting untuk menghindarkan kapal terhadap kecelakaan yang mungkin terjadi.
  6. Tempat berkeluh kesah kru
    Mempunyai ketertarikan menjelang lowker pelaut tentunya juga mesti mengetahui wewenang SSO yang satu ini. SSO kongkritnya juga menjadi daerah mengadu atau keluhan yang dirasakan oleh kru terkait dengan keselamatan ataupun kesehatan mereka saat sedang terganggu.
  7. Memberikan pelatihan
    SSO juga mengendalikan penuh tanggung jawab terhadap pemberian pelatihan untuk kapal yang menjadi tanggung jawabnya. Sehingga awak kapal bisa mengkoreksi dan meningkatkan apa saja yang dirasa masih memerlukan pemberesan di dalam kapalnya. Hal ini tentunya mempermudah penanganan saat terjadi kesalahan pada kapalnya.
  8. Memantau kinerja kru
    SSO memiliki tanggung jawab juga mengenai pemantauan terhadap kinerja kru secara keseluruhan. Hal ini cukup penting untuk meningkatkan kesadaran diri kru terhadap tanggung jawab yang mesti dilaksanakan dan juga keselamatan yang mesti diutamakan.
  9. Menjalankan survei pada komponen-komponen kapal
    SSO juga memiliki tugas untuk melaksanakan survei komponen-komponen penting dalam kapal dan memastikannya senantiasa dalam kondisi yang baik saat berlayar. Hal ini amat krusial karena terkait juga dengan keselamatan awak kapalnya.
  10. Menjalankan pengawasan dan koordinasi
    Kemudian SSO juga memiliki tanggung jawab untuk melaksanakan pengawasan secara total dan juga sebagai koordinir terkait langkah-langkah penyelamatan diri yang mesti dilaksanakan. SSO memiliki hak menata agenda yang dirasa membahayakan awak kapal dan juga properti yang dibawa.
    Itulah beberapa tugas SSO yang perlu dikenal oleh pelaut yang bekerja di perkapalan. Semoga berkhasiat.

Sumber: jobpelaut.com