7 Spot Wisata Religi di Jogja yang Wajib Dikunjungi

0
19
views
sumber: google.co.id

Liburan religi di Jogja tak keok menarik dibandingi titik liburan di kota-kota lain. Pasalnya pengunjung dapat merasakan liburan jiwa ketika berkunjung ke Jogja dengan mendatangi daerah religi. Ini juga dapat dijalankan bagi yang menyenangi berjalan-jalan dikala Ramadhon tiba. Lalu apa saja destinasi liburan religi itu? Berikut penjelasannya.
7 Anjuran titik liburan religi di Jogja

  1. Mesjid Agung Kota Gede
    Titik liburan religi yang satu ini mempunyai poin sejarah yang cukup mendalam sehingga benar-benar diprioritaskan untuk dikunjungi, terutama pecinta sejarah. Mesjid yang dibangun di sekitar tahun 1640 terletak di Jogja yang pun sampai sekarang, seandainya diperhatikan dari segi fisiknya tak banyak dijalankan pengubahan. Dengan mengunjungi mesjid ini pengunjung dapat mengamati bangunan yang dulunya diaplikasikan untuk mensupport penyebaran agama Islam di kerajaan Mataram.
  2. Makam Syekh Jumadil Kubro Turgo Merapi
    Zona ini yaitu daerah ziarah Islam di Jogja yang banyak dikunjungi orang ziarah sedangkan lokasinya tak jauh dari gunung merapi. Panorama merapi dapat dirasakan sekalian juga akan menerima kebahagiaan sebab dapat mengunjungi titik liburan religi yang ada di Jogja ini adalah makam Syekh Jumadil Kubro dan pengetahuan mengenai sejarahnya.
  3. Trek Gaza
    Jalan yang diketahui dengan trek Gaza ini akan dijumpai ketika berkunjung ke Jogja. Malah kampung ini menjadi titik liburan yang digemari dikala Ramadhon tiba dimana tersedianya pasar Tiban Jajanan Lauk dan Sayur. Namanya juga pasar tentunya juga disediakan takjil dan pelbagai menu untuk berbuka puasa. Suasana yang ada di zona ini tentunya ramai, pengunjung juga dapat berkunjung ke Mesjid Sulthonain yang banyak diadakan aktivitas di zona ini. Di rumit zona ini juga terdapat makam Kyai Haji Ibrahim dan Kyai Haji Abu Bakar.
  4. Mesjid Gedhe Kauman
    Mesjid yang cukup diketahui ini mempunyai sejarah yang panjang. Pengunjung dapat merasakan megah dan menawannya bangunan mesjid yang dibangun dikala masa Sultan Hamengku Buwana I yang menyuruh. Bagi masyarakat Islam yang sedang merasakan hari-hari Ramadhon, dapat mengunjungi mesjid ini sebab dikala petang harinya dikasih pengajian Ramadhan Ramadhon bagi masyarakatnya. Nantinya dikala waktu berbuka tiba, yang ikut serta kajian ini dapat ikut serta buka bersama sehingga suasana yang dinikmati juga cukup menyenangkan.
  5. Kampung Ramadhon Jogokariyan
    Masih dalam bahasan liburan religi Islam yang meriah di bulan Ramadhon. Ada banyak acara yang dijalankan selama bulan Ramadhon kecuali banyak takjil yang dipasarkan juga diadakan pidato petang hari dan sholat tarawih yang diimami oleh Imam Palestina. Stok takjil juga cukup banyak adalah sekitar 1200 sampai 1500 menu untuk berbuka.
  6. Makam Kyai Nur Iman
    Makam yang terletak di dusun Mlangi ini yaitu makam seorang tokoh yang menyebarkan agama Islam. Juga terdapat banyak santri dari pesantren di dusun ini sehingga sifat religiusnya terasa sekali.
  7. Mesjid Syuhada
    Ini yaitu daerah liburan religi terakhir di Jogja yang dibahas adalah mesjid Syuhada. Ramadhan berada di jalan I Dewa Nyoman Oka 13, bagi yang mau merasakan pelbagai acara menarik Ramadhon dapat mengunjungi mesjid ini.
    Sekian tulisan mengenai 7 titik liburan religi di Jogja yang dapat dikunjungi dalam rangka merasakan hari Ramadhon.

Sumber: hariliburnasional.com