Ini dia 4 Ciri dan Karakteristik Seragam Batik Solo di Pasaran

0
23
views
sumber: google.co.id

Seragam batik Solo menjadi salah satu macam seragam yang banyak digunakan. Bagus untuk berprofesi, sekolah atau hanya untuk acara resmi tertentu. Batik solo tersebut memang berasal dari kota Solo yang mempunyai motif batik yang unik dan menjadi khas untuk kota tersebut. Sehingga pemakaiannya juga akan cocok untuk acara resmi atau untuk kerja sekali pun.
Untuk bisa mendapatkannya Anda tidak perlu pergi ke Solo secara segera sebab dipasar sudah banyak sekali yang menjual batik khas Solo ini. Akan tetapi penting bagi Anda mengenal ciri-ciri dari kain batik khas Solo tersebut. Tujuannya supaya Anda tidak membeli macam kain yang salah atau justru dikibuli.
Ciri-ciri seragam batik Solo

  1. Harganya masuk logika
    Pertama yaitu mengenai harga. Jika kain batik tersebut memang asli batik khas dari Solo, maka sudah pasti harganya akan lebih mahal diperbandingkan dengan macam kain batik lainnya. Untuk itu seandainya Anda menemukan pedagang yang mengatakan bahwa kain tersebut batik Solo dengan harga yang relatif murah, perlu diwaspadai. Selanjutnya ini sebab bisa saja macam kain yang diberi tersebut kualitasnya rendah pun bisa saja bukan batik khas Solo yang ditawarkan.
  2. Jahitan yang bagus dan sanggit
    Kecuali yaitu jahitan dari pakaian tersebut bagus dan sanggit. Selanjutnya ini perlu dipandang seandainya Anda membeli kain saja yang kemudian akan dihasilkan menjadi pakaian pada konveksi seragam batik. Pastikan seandainya hasil jahitannya rapi dan juga bagus. Kecuali itu hasil jahitannya juga seharusnya sanggit. Sanggit tersebut berarti potongan pola batiknya masih utuh walaupun terkena potongan jahitan.
    Selanjutnya pada jahitan kancing untuk kemeja. Kecuali itu sanggit juga berarti jahitannya presisi antara komponen kanan dan juga kirinya. Untuk itu lebih bagus memilih penjahit yang mengerti akan hal ini. Akan sayang seandainya Anda sudah memilih kain batik yang bagus tetapi hasil pakaian seragamnya kurang rapi.
  3. Warna
    Kecuali ciri khas dari batik Solo yang asli yaitu warnanya tidak mudah luntur. Selanjutnya ini sebab mereka kebanyakan menggunakan teknik manual dengan cap atau tulis yang lebih tidak mudah luntur dan mewujudkan warna yang awet.
    Itulah kenapa banyak yang memilih menggunakan batik ini sebab memang lebih tahan lama dan warnanya tidak mudah pudar. jasa jahit seragam batik dengan kain batik Solo ini akan cocok sebab warnanya bisa bertahan lama.
  4. Kain organik
    Kebanyakan macam kain yang digunakan dalam pelaksanaan pembuatan batik Solo yaitu kain organik. Kain organik tersebut yaitu kain yang berbahan 100% dari bahan natural yaitu kapas. Kain tersebut bernama kain katun.
    Selanjutnya ini sebab juga teknik yang digunakan yaitu teknik natural dimana hanya bisa seandainya menggunakan kain katun atau kain organik. Jadi juga benar-benar nyaman seandainya digunakan sebagai seragam batik Solo.

Sumber: henryadams.co.id