Tips Memilih Proyektor Untuk Home Theater

0
25
views
sumber: google.co.id

Tips memilih proyektor untuk home theater benar-benar dibutuhkan bagi masyarakat yang hendak membeli produk elektronik yang satu ini. Seandainya dulu proyektor hanya diaplikasikan dalam dunia kerja atau pengajaran, kini proyektor telah banyak dimiliki oleh masyarakat pribadi. Hanya dengan biaya yang tak seberapa, menikmati film kualitas bioskop dapat dilakukan di rumah. Bersama dengan keluarga dan teman-teman.
Tips memilih proyektor untuk home theater
Tampilan dan kualitas gambar yang diciptakan oleh proyektor benar-benar bergantung pada lumens dan contrast ratio yang terpasang di dalam proyektor. Berikut ini terdapat beberapa tips dalam pemilihan proyektor agar tak salah pilih:
• Pilih proyektor minimal 1000 lumens
Saat ini telah banyak merk proyektor yang bagus yang dapat dibeli oleh para konsumen. Yang benar-benar penting untuk dipertimbangkan sebelum membeli proyektor merupakan skor lumens. Prinsip kerja proyektor merupakan benar-benar simple merupakan semakin tinggi lumens serta contrast ratio, karenanya semakin bagus dan jelas pula pantulan gambar yang diciptakan. Khusus untuk proyektor yang diaplikasikan untuk home theater, kebutuhan lumens minimal merupakan 1000 lumens. Saat menyaksikan film di rumah dengan proyektor, karenanya suasana akan diciptakan gelap layaknya menonton di bioskop. Inilah mengapa kualitas lumens dan contrast ratio mesti benar-benar diamati.
• Pilih yang memiliki port HDMI
Tujuan dalam pemasangan proyektor di rumah merupakan agar dapat menonton film bioskop dengan suasana yang benar-benar mirip. Untuk itu, pilihlah proyektor yang memiliki port HDMI. Port HDMI telah tak dapat ditawar lagi dan mesti ada. Port usb HDMI nantinya akan mencakup port VGA dan port RCA yang dapat difungsikan untuk menyambungkan dengan komputer jinjing atau untuk memutar film dari DVD.
• Pilih yang didukung oleh port audio out dan line out
Khusus untuk proyektor untuk ruangan besar yang hendak diaplikasikan untuk menonton film bersama, port HDMI saja tak cukup. Jenis port lain yang juga benar-benar dibutuhkan merupakan port audio out dan line out. Hal ini dikarenakan sokongan port HD MI akan menonjolkan tampilan gambar yang jernih dan berkwalitas prima.
Apalah artinya menonton film sekiranya hanya dapat menikmati gambar tanpa adanya audio atau suara. Port audio out dan line out ini ebrfungsi untuk menghsailkan suara yang menggelegar. Pengontrolan audio seperti bass, treble, tempo dan lain sebagainya telah ada pada proyektor yang dilengkapi dengn port ini.
• Memilih yang memiliki resolusi ideal
Resolusi gambar merupakan jumlah spot pada sebuah kotak yang tertata untuk menonjolkan gambar. Proyektor juga memiliki resolusi dalam penayangan film yang diputar. Proyektor yang bagus minimal memiliki resolusi 640×480. Artinya terdapat 640 spot horizontal dan 480 spot vertikal.
Hendaknya memandang dan menetapkan beberapa tips memilih proyektor untuk home theater sebelum menetapkan untuk membelinya. Kwalitas tampilan gambar dan suara film pada home theater akan bergantung pada kualitas proyektor yang bagus pula.

 

Sumber: wahanasuperstore.com