Hal Yang Wajib Diperhatikan Saat Memasang Pemanas Air Tenaga Surya

0
5
views
sumber: google.co.id

memang lebih gampang dan praktis diperbandingkan dengan pemanas air kekuatan listrik atau gas yang populer sebelumnya. Kemunculan pemanas air kekuatan matahari tentu yaitu buah pikir supaya masyarakat lebih cinta dengan alam. Seperti dikenal bahwa pemanas air kekuatan surya lebih hemat kekuatan. Perawatannya juga lebih gampang dan ekonomis kalau diperbandingkan dengan pemanas yang memakai kekuatan listrik atau gas.
Beberapa hal yang sepatutnya dilihat saat memasang pemanas air kekuatan surya
Seperti halnya perlengkapan lainnya, pemasangan pemanas air kekuatan matahari mempunyai beberapa tingkatan yang sepatutnya dikerjakan. Supaya pemanas air kekuatan surya dapat berfungsi dengan optimal, perlu memandang beberapa hal berikut ini:
• Kemiringan
Sebelum mempelajari sistem memasang solar water heater, perlu mengetahui beberapa hal dalam pemasangan. Hal pertama yang sepatutnya dilihat yaitu kemiringan posisinya. Supaya kolektor dapat berjalan dengan lancar dan pemanas pun dapat menghasilkan suhu air layak kemauan, pemasangannya pun sepatutnya dikerjakan dengan kemiringan 10 hingga 20 derajat. Pemasangan yang tepat kolektor dan komponen lainnya bertempat di atas atap. Dengan seperti itu, kolektor dapat menangkap sinar matahari dengan optimal.
• Posisi pipa instalasi
Hal yang kedua yang sepatutnya dilihat yaitu posisi pipa instalasi. Sebaiknya pipa instalasi dipasang dengan ukuran seminimal atau sependek mungkin. Pemasangan pipa instalasi dengan ukuran pendek bertujuan supaya pipa tersebut cakap mendistribusikan air ke titik pengeluaran secara merata dan optimal.
• Arah pemasangan
Selain tingkat kemiringan, arah pemasangan pemanas air kekuatan surya juga sepatutnya dilihat. Indonesia yaitu negara yang dilalui garis khatulistiwa, jadi arah pemasangan yang tepat berbeda dengan negara-negara di Eropa. Khusus untuk Kawasan yang berlokasi di atas garis khatulistiwa, arah pemasangan yang tepat yaitu menghadap selatan. Padahal daerah yang berada di bawah garis khatulistiwa arah yang tepat yaitu menghadap utara.
• Konstruksi bangunan penyangga
Konstruksi bangunan yang digunakan sebagai penyangga terpenting tangki penyimpanan air sepatutnya dipastikan kekokohannya. Tangki yang terisi air akan berada di sana dalam bentang waktu lama. Jika kurang yakin dengan kekuatan konstruksi bangunan, aplikasikan kerangka besi supaya lebih aman dan tidak rawan runtuh.
• Pemasangan panel kolektor
Panel kolektor yaitu salah satu komponen pemanas air kekuatan surya yang sungguh-sungguh penting. Malah dalam sistem memasang pemanas air kekuatan matahari, pemasangan komponen ini sepatutnya sungguh-sungguh dilihat. Panel kolektor yaitu plat berwarna hitam yang terbuat dari kaca. Pastikan panel kolektor terpasang secara tepat. Segera mendapat sinar matahari dan tidak terhalangi oleh pepohonan, tiang listrik, baliho, atau penghalang lainnya.
Problem yang kerap dihadapi saat memasang pemanas air kekuatan surya dan sistem penyelesaian
Jika terpaksanya arah pemasangan pemanas air kekuatan matahari tidak dapat dikerjakan ke arah utara atau selatan. Langkah yang perlu dikerjakan yaitu memandang kebutuhan suplai air hangat. Jika kebutuhan air panas sebelum pukul 2 siang, maka arah pemasangan yang tepat yaitu arah timur. Padahal kalau penerapan air panas di atas pukul 2 siang, maka arah pemasangan yang tepat yaitu arah barat.
Demikianlah beberapa hal yang perlu dilihat saat memasang pamanas air kekuatan surya. Pada review di atas juga ditunjukkan bagaimana sistem memecahkan problem yang kerap kali terjadi perihal arah pemasangan.

 

Sumber: intisolar.com