Cara Memperbaiki Pemanas Air Tenaga Surya

0
58
views
sumber: google.co.id

Memang metode membetulkan pemanas air daya surya tergantung dari mereknya. Melainkan sebab alat pemanas air jenis ini terbilang simpel, karenanya untuk mengoreksinya rata-rata terbilang sama dan gampang. Kotak pemanas primer dari alat ini dikaitkan ke PVC tembagah atau tipe pipa lainnya. Sekiranya terjadi kebocoran karenanya dapat ditambal atau diganti. Berikut ini metode dalam membetulkan pemanas air bertenaga sang surya yang bocor.
Langkah dan metode membetulkan pemanas air daya surya
Metode membetulkan solar water heater bisa dengan meniru langkah-langkah berikut ini:
1. Cek masalahnya
Pertama-tama Anda wajib tahu letak permasalahan kebocoran yang terjadi dengan metode menyusurinya. Pada pemanas ini, terdapat banyak cabang di pipa interior yang dapat saja sewaktu-waktu bocor atau pecah segelnya.
2. Matikan air
Sebelum Anda membetulkan pemanas air daya sang surya ini, matikan lebih-lebih dulu aliran airnya supaya cara pemanas bisa kering. Lalu ambil pemanas air solar hal yang demikian dari dudukannya dan lepas satu per satu pipa yang melekat di setiap sisinya, air yang tersisa bisa mengalir keluar saat Anda mencopot pipa hal yang demikian. Jangan lupa lepaskan juga komponen pslexiglas supaya Anda dapat menerima jalan masuk ke pipa komponen dalam. Pastikan pipa betul-betul kering sebelum Anda melanjutkan.
3. Mengoreksi pipa yang bocor
Sekiranya pipa terbuat dari bahan sejenis tembaga atau logam, karenanya metode membetulkan water heater bocor sangatlah mudah. Anda tinggal menembelnya atau memulaskan sealant ke lubang yang bocor. Tetapi ada juga pembenaran kompleks dimana Anda perlu menjalankan pemotongan serta mengganti pipa yang bocor.
Untuk pipa tipe PVC paling kerap kali mengalami bocor di komponen sikunya imbas korosi dan sebagainya. Anda dapat memotong pipa yang bocor kemudian menyegel komponen hal yang demikian dengan metode menyambungnya dengan mengaplikasikan pipa yang baru. Pembetulan lain mungkin dibutuhkan pengelasan pada komponen pipa yang perlu disambung. Melainkan, metode ini dapat mengakibatkan kebocoran lagi di masa depan imbas korosi yang terjadi.
4. Mengecat pipa yang baru
Sekiranya Anda mengganti pipa bocor dengan baru atau menembelnya dengan sealant dan memperhatikan warnanya berbeda, karenanya dapat dijalankan pengecatan supaya warnanya sama. Dengan seperti ini tak akan terlihat komponen tembelan atau pipa mana yang diganti. Sesudah Anda selesai mengecat dan cat itu telah kering, karenanya dudukkan kembali water heater ke daerah asalnya. Hubungkan kembali ke sumber air kemudian lakukan pengetesan dengan metode membuka aliran airnya. Coba observasi apakah solar water heater telah berfungsi dengan benar selama 24 jam untuk menentukan tidak ada yang bocor lagi.
Jikalau Anda merasa keder bagaimana metode membetulkan pemanas air daya surya yang bocor, karenanya Anda cukup menghubungi daya kerja profesional yang telah mengerti akan hal ini.

 

Sumber: intisolar.com