Cara Memelihara dan Memperbaiki Pemanas Air Tenaga Surya Yang Benar

0
43
views
sumber: google.co.id

Dilema maupun kerusakan kapan saja bisa terjadi pada pemanas air energi surya yang membikin kinerja menurun. Mengakibatkan air yang keluar tak panas, air lebih kecil dari lazimnya. Agar bisa diketahui masalahnya, perlu dilakukan maintenance service.
Sistem Memelihara dan Mengkoreksi Pemanas Air Energi Surya Yang Benar
Memelihara yakni salah satu cara untuk meminimalisir kerusakan pada pemanas air. Adalah dengan cara rajin memeriksa dan membersihkan kotoran maupun endapan. Tetapi, seandainya sudah terjadi kerusakan seharusnya seketika dibetuli dengan memanggil teknisi yang bersedia membantu pengguna dalam beberapa hal berikut.

  1. Mencari Tahu Penyebab Kendala pada Pemanas Air
    Sebelum mengerjakan koreksi lebih-lebih dulu seharusnya diketahui apa masalahnya. Umpamanya air membutuhkan waktu yang lama untuk mencapai temperatur panas, tak seperti lazimnya. Biasanya disebabkan oleh pipa air panas yang bocor atau tangki belum sepenuhnya terisi air. Penerapan air panas melebihi kapasitas pun bisa menjadi penyebab lamanya waktu yang dibutuhkan untuk memanaskan air.
  2. Matikan Aliran Air
    Setelah mengetahui letak masalahnya, yang perlu dilakukan yakni menghentikan aliran air untuk mengeringkan solar water heater. Semua pipa dilepas satu per satu pada setiap sisinya sambil terus buang air sisanya.
  3. Perawatan Bagian Luar Pemanas Air Energi Solar
    Semua bagian pemanas air perlu dirawat dengan baik termasuk bagian luarnya dengan cara:
  • Panel kolektor dibersihkan mengaplikasikan air sabun atau deterjen, boleh juga mengaplikasikan larutan pembersih kaca. Bilas sampai bersih dan keringkan mengaplikasikan kain lap bersih.
  • Semua sambungan dicek kembali, untuk memutuskan ada tidaknya kebocoran pada bagian pemanas air energi surya.
  1. Perawatan Bagian Dalam Pemanas Air Energi Surya
    Bagian dalam yang perlu dibersihkan seperti kerak maupun endapan yang mungkin melekat pada tangki.
  • Buang segala air yang tersimpan dalam tangki maupun kolektor.
  • Stop kran ditutup dulu.
  • Semua kotoran yang sudah mengendap dibuang.
    Jikalau memang tejadi kebocoran pipa, maka yang bisa dilakukan yakni sesudah buang segala airnya yakni membenarkan pipa tersebut. Sistem mengoreksinya amat mudah yakni dengan menambal maupun menambahkan sealant pada bagian yang bocor tersebut.
    Boleh saja memotong seketika maupun mengganti pipa bocor dengan yang baru, tetapi dalam hal ini yang seharusnya dibetuli bukan saja spot lubang bocor tetapi segala bagian sampai sambungan pipa. Apalagi dibutuhkan pengelasan agar sambungan tersebut kuat dikala tersentuh air.
    Agar yang seharusnya dipandang lagi yakni dikala akan mengganti pipa yang mungkin saja di kios berbeda dengan warna pipa tangki di rumah. Agar warnanya sama perlu mengerjakan pengecatan sampai kering, selanjutnya baru diletakkan kembali ke water heater.
    Jadi, sebelum dibetuli perlu di cek dulu dimana masalahnya agar tahu macam pebaikan yang ideal untuk solusinya. hubungi teknisi pemanas air energi surya untuk memecahkan.

Sumber: intisolarbandung.com