Cara Membersihkan Endapan Pada Pemanas Air Tenaga Surya

0
120
views
sumber: google.co.id

Water heater dulu hanya dipakai oleh masyarakat di negara dengan musim dingin. Pada permulaan kemunculannya di negara tropis termasuk Indonesia, dulu pemanas air hanya dapat dijumpai di gerai spa atau hotel-hotel kelas atas. Melainkan kini, pemanas air secara khusus yang menerapkan energi surya atau cahaya sang surya dapat dipakai di rumah-rumah pribadi.
Jenis pemanas air energi surya
Kalau dibandingkan dengan pemanas air energi listrik atau gas, pemanas air energi surya jauh lebih aman dan hemat energi. Saat ini, pemanas air energi sang surya dibedakan menjadi dua jenis yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Dua jenis hal yang demikian yakni sebagai berikut:
• Pemanas air tanpa tangki
Pada pemanas air jenis pertama yakni tanpa tangki ini memiliki cara kerja langsung. Jenis dimaksud disini yakni mesin pemanas air tidak disimpan di dalam tangki sehingga progres pemanasan akan dilaksanakan secara mendadak saat saklar dihidupkan. Untuk itu, para pengguna hendaknya menunggu selama sebagian menit untuk mendapatkan air hangat sesuai keinginan.
• Pemanas air dengan tangki
Jenis pemanas air dengan energi surya berikutnya yakni menerapkan tangki. Pada unit ini, air akan tersimpan dan via progres pemanasan di dalam tangki. Air panas atau air hangat dapat dialirkan dari dalam tangki yang kemudian dialirkan ke keran air oleh para pengguna. Sayangnya, pada jenis ini kerap kali terjadi endapan yang cakap membikin air menjadi beku. Oleh maka, sang pemilik haruslah membersihkan endapan hal yang demikian.
Sesudah membersihkan endapan pada pemanas air energi surya
Seperti yang diterangkan di atas, pemanas air dengan tangki emamng lebih praktis melainkan rawan dengan endapan. Jangan cemas, sebab dapat membersihkannya secara mandiri dan mudah. Berikut ini yakni langkah dan cara membersihkan endapan pada pemanas air energi solar:
1. Mematikan sumber energi
Langkah yang pertama yakni mematikan sumber energi pemanas air energi surya. Kebanyakan untuk menyambung dan menentukan sumber energi pada unit pemanas dipakai saklar. Untuk itu, pastikan saklar pada posisi off atau mati. Dengan seperti itu, progres pemanasan air tidak akan dilaksanakan dan air menjadi bersuhu normal.
2. Menguras air panas dari tangki
Umumnya dinonaktifkan sumber dayanya, kuras air panas di dalam tangki sampai benar-benar habis atau kosong. Sesudah untuk membuang secara habis air yang terdapat di dalam tangki solar water heater diperlukan waktu sekitar 15 sampai 25 menit.
3. Masukkan air dingin ke dalam tangki
Umumnya itu barulah kucurkan air dingin ke dalam tangki secara terus menerus sambil mengguncang tangki supaya endapan pergi dan kembali menjadi bersih.
Demikianlah sebagian informasi tentang jenis pemanas air energi surya serta langkah dan cara membersihkan endapan di dalamnya. Hendaknya progres pembersihan yang termasuk dalam jenjang perawatan unit pemanas air ini dilaksanakan dengan teratur dan rutin. Dengan seperti itu, unit akan lebih awet dan aman dipakai.

 

Sumber: intisolar.com