Cara Memasang Solar Water Heater Dengan Material Pipa

0
99
views
sumber: google.co.id

Metode memasang solar water heater – Pemanas air menjadi salah satu produk trending beberapa tahun terakhir. Solar water heater atau pemanas air kekuatan surya saat ini bisa diaplikasikan di rumah-rumah pribadi. Sekarang ini mandi air panas tidak cuma bisa dilaksanakan di hotel, kini di rumah malahan bisa dengan mudah menerapkan pemanas air untuk mandi. Bila dulu kebanyakan masyarakat Indonesia semestinya merebus air dulu untuk bisa mandi dengan air hangat, kini dengan mesin pemanas air segala itu sudah tidak diperlukan.
Metode memasang solar water heater dengan pipa
Dikala musim penghujan atau cuaca sedang dingin, mandi air hangat tentu menjadi alternatif banyak orang. Terutama air hangat mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Pengerjaan instalasi mesin pemanas air kekuatan matahari semestinya berbarengan dengan pemasangan pipa bersih. Berikut ini metode pemasangan lebih lengkapnya:
1. Menentukan spot keran air panas
Langkah pertama dalam memasang mesin pemanas kekuatan matahari merupakan dengan memutuskan spot keran air panas. Untuk penentuan spot ini dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan. Bila biasa, pemasangan keran air panas dilaksanakan di kamar mandi, wastafel atau dapur.
Menentukan lokasi spot keran sudah ditetapkan, berikutnya tentukan pula lokasi dimana mesin pemanas air akan ditempatkan. Metode untuk mesin pemanas air kekuatan surya, peletakan merupakan di luar ruangan. Tepatnya di atas bangunan sehingga panel kolektor bisa mengumpulkan cahaya matahari secara optimal. Hitunglah jarak antara spot keran dengan lokasi mesin pemanas agar memudahkan dalam perhitungan kebutuhan pipa.
2. Menentukan teladan alat pemanas air
Metode kedua merupakan dengan memutuskan teladan alat pemanas air yang dilaksanakan dengan penyesuaian kebutuhan pula. Metode untuk kebutuhan mandi serta wastafel, kapasitas tangki pemanas air kekuatan surya yang diperlukan cuma 10 liter. Ragam seandainya kebutuhan suplai air panasnya lebih banyak, maka pakai tangki dengan kapasitas lebih dari 30 liter.
3. Memilih material pipa untuk instalasi
Namun, pilihlah material pipa untuk progres instalasi. Pemilihan pipa akan betul-betul berakibat pada ketahanan performanya. Menghubungkan air yang akan didistribusikan merupakan air hangat dan cenderung panas, maka pakai pipa bermutu tinggi dengan desain tebal dan kuat. Pengerjaan material pipa yang banyak diaplikasikan merupakan tembaga serta ripeng. Ragam, pipa dengan material besi akan betul-betul rawan bocor dan akan susah mengatasi seandainya terjadi kebocoran. Jadi, bijaksanalah dalam memilih variasi material pipa yang tepat.
4. pemanas dengan pipa yang sudah dirangkai
Terakhir, hubungkan pemanas air kekuatan solar yang sudah terpasang mesinnya dengan pipa yang sudah disiapkan. Pengerjaan instalasi ini tentu saja lewat dinding serta genting. Untuk itu, perlu ketelitian dan kehati-hatian dalam progres instalasinya agar akhirnya rapi dan optimal.
Di Indonesia yang merupakan negara tropis dan mempunyai cahaya matahari melimpah tentu akan betul-betul mudah dalam menerapkan mesin solar water heater. mudah diaplikasikan dengan beberapa langkah dan metode memasang solar water heater di atas, mesin ini juga betul-betul mensupport penghematan kekuatan.

 

Sumber: intisolar.com