Berbahayakah Penggunaan Wadah Plastik Ke Microwave?

0
11
views
sumber: google.co.id

Tips sehat menggunakan wadah plastik ke microwave yaitu bagian dari pemakaian microwave yang bagus dan benar. Karena wadah yang lazim dipakai untuk microwave yaitu wadah kaca atau wadah yang tahan terhadap panas. Sementara itu wadah-wadah dengan bahan dasar plastik jarang dipakai karena dianggap tak tahan terhadap panasnya microwave. Melainkan sebetulnya ada beberapa kiat yang dapat dipakai agar wadah plastik tahan terhadap panas.
Tips sehat menggunakan wadah plastik ke microwave agar aman
Pengaplikasian microwave memang telah menjadi keperluan tersendiri bagi keluarga. Pengaplikasian microwave memang benar-benar membantu dalam memasak makanan yang sederhana dan praktis. Sayangnya ada banyak yang berkata pemakaian wadah plastik yang dimasukkan ke dalam microwave dapat meleleh dan meracuni makanan. Sebetulnya kita masih dapat menggunakan wadah plastik asalkan dengan beberapa catatan berikut:
1. Jangan menggunakan wadah plastik bekas
Cara menggunakan microwave yang benar yaitu menghindari pemakaian wadah bekas. Jika Anda menyimpan wadah plastik sekali pakai seperti wadah margarin atau es krim. Sebaiknya wadah plastik itu tak dimasukkan ke dalam microwave karena sifatnya yang tak tahan terhadap panas tinggi. Wadah plastik tersebut mudah meleleh dan membahayakan apabila tercampur ke dalam makanan karena mengandung berjenis-jenis macam bahan kimia yang berbisa bagi kesehatan.
2. Jangan biarkan plastic wrap meraba makanan
Jika menggunakan plastic wrap sebagai pembungkus makanan saat dihangatkan dalam microwave, maka sebaiknya plastik tersebut tak meraba bagian permukaan makanan. Beri ruang sedikit antara makanan dan plastik, sehingga bahan kimia dari plastik tak meraba makanan segera. Kecuali itu, plastik pembungkus yang dimaksud juga konsisten sepatutnya berlabel aman untuk microwave.
3. Cek label wadah plastik
Ada demikian itu banyak macam bahan yang boleh masuk ke microwave saat ini, ucap saja plastik asalkan dengan label tertentu. Masing-masing dari macam plastik tersebut memiliki label yang berbeda contohnya BPA Gratis. Nah, pemakaian wadah plastik dalam microwave sebaiknya menggunakan plastik dengan label microwave safe. Bahan plastik tersebut dihasilkan agar tahan terhadap panas dari microwave sehingga Anda tak perlu lagi kuatir ada kontaminasi racun dari plastik tersebut.
4. Jangan pakai wadah plastik yang telah rusak
Padahal Anda memiliki plastik dengan label microwave safe konsisten tak dianjurkan apabila plastik tersebut telah sobek atau tergores. Goresan atau sobekan pada wadah plastik tersebut dapat menyebabkan lapisan pelindung plastik menjadi rusak, kesudahannya bahan berbisa dari plastik yang meleleh tersebut akan mengontaminasi makanan. Jika racun itu tercampur makanan dan masuk ke dalam tubuh akan mengakibatkan penyakit membahayakan.
Itulah beberapa kiat sehat menggunakan wadah plastik ke microwave. Tak dianjurkan untuk menggunakan macam plastik yang tak memiliki label microwave safe karena macam plastik lain tak tahan terhadap panas dan dapat membahayakan kesehatan Anda dan keluarga.

 

Sumber: wahanasuperstore.com