Alasan Perlu Pasang Pemanas Air Tenaga Surya dan Cara Kerjanya

0
279
views
sumber: google.co.id

Pemanas air energi surya bukan produk baru di Indonesia malah hampir seluruh masyarakat kelas menengah ke atas telah memakainya untuk memenuhi keperluan. Beda dari pemanas variasi lainnya, pemanas ini berprofesi dengan memanfaatkan sumber panas sang surya. Sayangnya, tak seluruh orang memahami bagaimana prinsip atau sistem kerja dari pemanas air ini.
Sistem kerja atau prinsip pemanas air energi surya
Pernah dengar seputar thermosipon? Thermosipon adalah komponen dari ilmu termodinamika yang mempelajari fenomena perbedaan temperatur air menurut pada posisi atau lokasinya. Air yang ada di komponen bawah suhunya lebih rendah ketimbang air yang ada di permukaan atas. Inilah prinsip dasar yang dianut oleh mesin pemanas air hangat sang surya.
Tak heran kalau dalam cara kerja instalasi, mesin diinstal dalam keadaan miring di mana komponen panel kolektornya sengaja diposisikan di komponen bawah sementara tangki air mesti ditempatkan di atas. Air yang suhunya rendah akan stop di komponen kolektor dan dikelola kembali sampai berubah menjadi panas.
Alhasil, pemanas air energi sang surya akan menciptakan air panas yang cukup di dalam tangki. Dikala pengguna memerlukan air panas untuk mandi, berendam atau malah mencuci baju keperluan air panas telah terpenuhi.
Alasan perlunya pasang pemanas air hangat sang surya di Indonesia
Indonesia memang familiar sebagai negara tropis yang cuaca panasnya jauh lebih panjang dari negara-negara subtropis. Memandang fenomena ini sebagian orang tentu merasa linglung kenapa perlu install pemanas air mengingat cuaca yang tak mendorong?
Eksistensi cahaya surya yang terik justru menjadi alasan hadirnya pemanas air ini. Dengan memakai prinsip di atas dan mengandalkan cahaya sang surya, kita dapat menerima air panas dengan gampang dan kencang. Sementara pemakaian pemanas airnya sendiri lebih banyak digunakan di malam hari saat cuaca dingin dan intensitasnya akan bertambah di dikala musim hujan.
Air panas juga menjadi keperluan utama bagi sebagian orang khususnya mereka yang mempunyai penyakit rematik atau mereka yang rutinitas pulang kerjanya di malam hari. Kalau memaksakan diri mandi malam dengan air dingin tubuh akan gampang sakit malah masuk angin.
Sementara memasak air panas untuk mandi dirasa terlalu boros. Itulah kenapa penting mempunyai satu unit solar water heater untuk diterapkan sehari-hari. Jadi alasan tak perlunya air panas sebab cuaca panas di Indonesia bukanlah alasan yang ideal.
Sebab berkebalikkan dengan siang hari, udara malam di Indonesia senantiasa dingin dan akan menjadi dua kali lipat lebih dingin di musim hujan. Dengan eksistensi air panas di rumah setidaknya Anda tak perlu pergi ke pemandian air panas lazim.
Telah tahu bagaimana prinsip kerja pemanas air dan apa manfaat pasang pemanas air di Indonesia? masihkah Anda ragu untuk instalasi pemanas air energi surya? Pelaksanaan instalasi produk pemanas tidaklah susah menemukan produknya sama mudahnya sebab dipasarkan di segala Indonesia.

Sumber: intisolar.com