4 Hal Ini Perlu Diperhatikan Sebelum Pasang Solar Water Heater

0
40
views
sumber: google.co.id

Solar water heater ialah tipe pemanas air yang kian banyak dipakai untuk memasok keperluan air panas. Dibalik mahalnya harga dari pemanas air ini rupanya juga mempunyai metode pemasangan yang cukup terperinci. Kekeliruan arah pasang dapat menyebabkan temperatur panas yang didapat kurang optimal.
Sebagian hal perlu diamati dengan seksama untuk menerima panas yang cukup sehingga air menerima temperatur panas yang ideal.
Apabila penting yang perlu diamati sebelum pasang solar water heater

  1. Berikan sudut kemiringan yang ideal
    Dalam membikin sudut kemiringan untuk solar water ini juga tak boleh asal-asalan untuk menerima temperatur panas yang ideal. Perlu diamati bahwa panel solar ini akan menerima panas yang ideal saat cahaya sang surya yang jatuh berada lurus tegak dengan permukaan dari solarnya.
    Untuk Indonesia sendiri dalam sudut kemiringannya disarankan mengaplikasikan 20-30 derajat dari permukaan tanah. Sementara untuk kawasan di luar garis khatulistiwa mengaplikasikan ukuran 30-40 derajat dari permukaan tanah.
  2. Tentukan arah utara dari cahaya sang surya
    Langkah selanjutnya untuk pemasangan pemanas air energi surya merupakan memastikan arah utara dari cahaya sang surya. Ada sebagian langkah yang dapat dilaksanakan untuk dapat mengenal arah utara cahaya sang surya seperti di bawah ini:
    • Pastikan lokasi yang dipilih jauh dari pohon tinggi dan bangunan yang berisiko.
    • Pada jam 11.43 siang cobalah untuk menancapkan sebuah kayu di atas tanah lalu lihat arah dari bayang-bayangnya. Seandainya arah bayang-bayangnya ada di Selatan karenanya Anda dapat konsentrasi memandang pada komponen utaranya. Solar panel ini dapat dipasang pada arah utara dari bayang-bayang hal yang demikian. Pemasangan menurut arah ini bertujuan untuk menerima pasokan cahaya yang maksimal tiap-tiap harinya.
    • Melainkan sebelum melaksanakan metode kedua di atas Anda dapat mencari khususnya dulu waktu solar noon pada kawasan Anda. Dapat jadi berbeda kawasan juga akan menerima waktu yang berbeda.
  3. Tentukan arah solar panel
    Langkah ketiga yang mesti dilaksanakan merupakan memastikan arah panel solarnya. Sama dengan memastikan arah utara dimana Anda dapat mengaplikasikan sebagian langkah seperti di bawah ini:
    • Tentukan dulu jumlah pemakaian air panas dari pagi hingga dengan petang.
    • Tentukan sisi dari atap rumah yang paling banyak menerima paparan cahaya sang surya.
    • Pastikan lokasi yang dipilih minim terkena bayang-bayang dari benda lain.
  4. Apabila penting sebelum melaksanakan pemasangan
    Terakhir yang perlu diamati dalam pemanas air energi sang surya merupakan mengenai pemaksimalan fungsi dari solar water-nya. Ada sebagian kriteria yang mesti dipenuhi untuk lokasi pemasangannya seperti di bawah ini:
    • Letak kemiringan dari panel solar yang dipasang.
    • Arah dari pemasangan panel solar.
    • Lokasi yang bebas dari gedung dan juga pohon besar.
    Itulah sebagian hal penting yang perlu diamati dalam pemasangan solar water heater. Seandainya Anda merasa kesulitan dalam memastikan hal di atas, karenanya mintalah jasa pasang water heater di zona Anda.

Sumber: intisolar.com